Langsung ke konten utama

Tips Sebelum Anda Membeli Mobil Bekas


Jangan terburu-buru, luangkan waktu Anda dan lakukan riset Anda ke merek dan model yang berbeda, dan pertimbangkan hal berikut:

Anggaran. 


Cari tahu berapa banyak yang mampu Anda belanjakan. Kalau di beberapa tempat penjualan mobil maka akan memandu Anda tentang kondisi mobil atau mobil yang Anda pertimbangkan sesuai tahun dan modelnya.

Kebutuhanmu.


Untuk apa mobil itu digunakan? Jika Anda melakukan sebagian besar mengemudi di kota aja, penggerak empat roda tidak diperlukan.

Keamanan. 


Periksa  peringkat keselamatan mobil bekas yang didasarkan pada kecelakaan di kehidupan nyata.

Biaya asuransi


Kami akan bervariasi dari model ke model. Setelah mempersempit pilihan Anda, dapatkan beberapa kutipan.

Dealer, lelang atau penjualan pribadi


Tentukan di mana dan bagaimana Anda ingin membeli mobil. Lihat apa yang kami katakan tentang opsi-opsi ini lebih lanjut di artikel ini.

Periksa peraturan tentang membeli dan menjual mobil bekas, termasuk cara memastikan tidak ada uang yang terhutang pada mobil. Kami memiliki lebih banyak info tentang ini nanti di artikel ini.

Periksa mobil menggunakan daftar periksa di bawah ini .


Jika Anda sendiri tidak nyaman memeriksa mobil, Anda dapat mengatur inspeksi ahli independen melalui organisasi otomotif negara Anda. Namun, jika Anda membeli di lelang, ini biasanya tidak mungkin.

Jika Anda menemukan mobil yang sesuai dengan kriteria Anda, pastikan mobil itu bebas hutang. Jika Anda membeli mobil dari dealer, mereka secara hukum berkewajiban untuk menjamin bahwa mobil itu bebas hutang.

Ajukan pertanyaan tentang sejarah kendaraan - berapa banyak pemilik yang memiliki kendaraan sebelumnya? Apakah itu terlibat dalam crash? Berapa jarak tempuhnya? Berapa biaya untuk mengisi tangki? Apakah kendaraan saat ini terdaftar dan diasuransikan? Fitur keamanan apa yang dimilikinya?

Setelah penjualan


Aturlah asuransi begitu Anda telah membeli mobil dan sebelum Anda membawanya ke mana pun.
Transfer pendaftaran ke nama Anda. Anda biasanya harus melakukan ini dalam beberapa hari setelah membeli mobil.

Pedagang


Membeli dari dealer biasanya lebih mahal daripada membeli secara pribadi tetapi ada beberapa keuntungan:

Di beberapa negara bagian dan dalam kondisi tertentu, mereka harus memberikan jaminan hukum. Ini sering dapat mengecualikan bagian-bagian seperti radio, AC dan baterai jadi pastikan Anda jelas tentang apa yang sedang dan tidak tertutup.

Mereka harus menjamin tidak ada uang yang terutang pada mobil.

Mereka biasanya harus menampilkan formulir di dashboard mobil atau kaca depan yang menyediakan beberapa informasi dasar, seperti tahun pembuatan, pembacaan odometer, dan detail garansi.
Anda dapat berdagang di mobil lama Anda.

Lelang


Anda mungkin bisa mendapatkan penawaran di pelelangan, tetapi Anda benar-benar perlu tahu tentang mobil dan apa nilainya.


Cara memeriksa mobil bekas


Ada banyak hal yang perlu diperiksa ketika Anda sedang memeriksa mobil. Ide yang bagus untuk mengajak seseorang, karena dua pasang mata selalu lebih baik daripada satu. Juga, lihatlah mobil di siang hari penuh, di mana tanda, penyok dan cacat lainnya terlihat jelas. Berikut daftar periksa untuk membantu Anda melewatinya:

Dokumen


Dalam penjualan pribadi pastikan penjual adalah pemiliknya. Mintalah untuk melihat SIM mereka dan bandingkan detailnya dengan yang ada di kertas registrasi.

Lihatlah pelat kepatuhan mobil yang biasanya ditemukan di firewall antara area mesin dan bagian dalam mobil.

Cocokkan nomor VIN, tanggal pembuatan, nomor mesin (yang ditandai pada mesin itu sendiri) dan plat nomor dengan yang ada di kertas registrasi. Mintalah penjelasan jika ada informasi yang tidak cocok. Ini bisa berarti bahwa mobil itu telah dicuri atau mesinnya diganti tanpa memberitahu otoritas registrasi.

Periksa apakah Anda harus menerima sertifikat kelaikan jalan. Penjual diwajibkan menyediakannya di beberapa negara bagian.

Di luar Mobil


Periksa cat untuk mengetahui perbedaan gelembung dan warna yang mengindikasikan karat atau kecelakaan. Gunakan magnet kulkas untuk memeriksa area yang mencurigakan untuk pengisi tubuh - magnet tidak akan menempel pada pengisi.

Panel yang kelihatannya tidak pas, atau pintu, bagasi, tutup dan jendela yang tidak dapat dibuka dan ditutup dengan benar dapat mengindikasikan mobil mengalami kecelakaan.

Periksa ban , termasuk cadangan, untuk tapak yang cukup (setidaknya 3-4mm) dan keausan tidak merata (yang dapat menunjukkan masalah dengan kemudi atau suspensi).

Periksa di bawah mobil apakah ada kebocoran oli.

Di bawah kap


Lihatlah dipstick. Oli abu-abu atau susu dapat mengindikasikan masalah mesin serius.

Buka tutup radiator dan periksa pendinginnya. Itu harus berwarna cerah dan bersih. Oli dalam cairan pendingin juga dapat mengindikasikan masalah mesin serius.

Periksa kipas pendingin radiator dan baterai serta platform pemasangannya untuk mengetahui apakah ada kerusakan dan kerusakan lainnya.

Dalam Mobil


Lihatlah jok, trim dan karpet untuk dipakai.Pastikan sabuk pengaman dalam kondisi baik. Periksa apakah kursi masih cukup nyaman.

Pastikan semua lampu, peralatan, dan aksesori (seperti AC, wiper kaca depan, power window, kaca spion, ban cadangan, kunci sentral dan radio mobil) ada di sana dan berfungsi dengan baik.

Jika mungkin cari tanda-tanda karat di bawah karpet dan jangan lupa memeriksa bootnya.

Pastikan jack dan toolkit berada di tempatnya dan dalam kondisi baik.

Jika relevan, mintalah PIN keamanan radio mobil.

Mesin Mobil


Dengan kap terbuka, nyalakan mesin dan biarkan idle.

Perhatikan asap knalpot saat menghidupkan mesin dan saat idle.

Kebisingan yang berlebihan dari knalpot dapat mengindikasikan karat dan kebutuhan akan knalpot baru.
Dengarkan suara bising yang tidak teratur, derak atau ketukan di mesin.

Setir tidak boleh lebih dari 5cm.


Di jalan lurus, kendurkan cengkeraman Anda di roda kemudi dan lihat apakah mobil menarik ke satu sisi, yang dapat menunjukkan suspensi kerja atau kemudi tidak selaras.

Periksa rem beberapa kali (memeriksa lalu lintas di belakang Anda terlebih dahulu). Mobil tidak boleh menarik ke satu sisi dan pedal rem harus terasa kencang.

Banyak lagi sebenarnya ketentuan untuk membeli mobil bekas.

Untuk itu, kami menawarkan mobil bekas yang menjadi rekomendasi kami ke Anda.

Karena, kalau di Seva.id ada fitur Pilhan Expert, sehingga Anda tidak usah khawatir untuk membeli mobil bekas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaca Akrilik Atau Acrylic Anda Kusam? Ini Cara Membersihkannya

Disaat jenis plastik bening menjadi kotor dan tampak kusam, tentunya Anda bisa gunakan beberapa proses pembersihan, seperti di bawah ini. Namun, ada proses dimana untuk melakukan pembersihan yang lebih berat bahkan membutuhkan alat-alat listrik, tergantung pada seberapa rusak atau kotornya akrilik tersebut. Baca panduan ini untuk mengetahui semua trik dan tips terbaik untuk membersihkan akrilik. Untuk membersihkan akrilik dan kaca acrylic yang memiliki sedikit cacat atau kotoran, mulailah dengan membersihkan puing-puing. Kemudian, gunakan kain serat mikro premium dengan air sabun untuk membersihkan seluruh area permukaan. Setelah membasahi kain, pastikan untuk sedikit mengeringkan permukaan, daripada memberi tekanan saat Anda menyeka.  Terlalu banyak tekanan sebenarnya bisa menghasilkan lebih banyak goresan. Setelah Anda menyeka seluruh bagian akrilik, gunakan sisi kering kain untuk mengeringkan atau menggosok area tersebut. Menggosok atau memoles permukaan akrilik mengurangi no

Solahart Jadi Solusi Air Panas Surya Terbaik

Solahart bangga atas reputasinya yang lama sebagai sistem air panas surya terbaik di Australia. Solusi tenaga surya telah menghasilkan penghematan energi untuk rumah tangga dan bisnis sejak tahun 1953. Saat ini service Solahart telah dipasang di lebih dari 70 negara, hingga Satu juta unit. Anda tidak menikmati kesuksesan yang sedang berjalan tanpa memberikan kualitas dan inovasi berkali-kali. Untuk menentukan solusi air panas surya terbaik untuk rumah Anda Solahart dimulai dengan penilaian matahari gratis. Hanya dengan memahami penggunaan energi Anda, kebutuhan air panas, dan tata letak atap yang dapat kami rekomendasikan solusi air panas surya terbaik dari jangkauan kami. Dan, jangkauan sola r atap kami , sistem split solar , pompa panas , dan tenaga surya (PV) berarti kami memiliki solusi surya untuk hampir setiap aplikasi. Sistem Tenaga Surya Atap Sistem atap tradisional Solahart biasanya memiliki dua kolektor surya dan tangki penyimpanan yang dipasang di atap di lokasi

Teknologi Solahart Terbaru Dengan Kinerja Terbaik

Seri Service Solahart diluncurkan awal tahun ini, memanfaatkan teknologi baru yang inovatif untuk meningkatkan kinerja sistem. Ini adalah pemanas air surya sistem split sirkuit terbuka, dengan kolektor ramping yang dipasang di atap dan tangki yang dapat dipasang secara diam-diam di tanah, baik di dalam maupun di luar ruangan. Fleksibilitas ini meminimalkan dampak visual pada atap, merekonsiliasi keberlanjutan dengan estetika. Dirancang untuk kondisi Australia, model-model baru ini mengoptimalkan penghematan energi tergantung pada lokasi sistem. Energi matahari ditransfer langsung ke air karena dipindahkan melalui kolektor oleh sirkulator listrik. Air yang dipanaskan disimpan di tangki yang terpasang di tanah. Menurut Solahart, menginstal sistem ini dapat menghemat hingga 85 persen dari konsumsi energi pemanas air. Ini juga memenuhi syarat untuk insentif lingkungan yang berharga. Cocok untuk digunakan di daerah dengan gain matahari rendah hingga tinggi, seri S